my blog


Selasa, 16 Oktober 2012

Belajar untuk mendengarkan saran yang membangun


Kita memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Keduanya selalu menuai tanggapan dari orang lain baik berupa saran, kritik, bahkan cibiran terutama bila berhubungan dengan kelemahan. Tanggapan yang berhubungan dengan kelemahan kebanyakan selalu hal-hal yang tidak enak didengar bahkan menyakitkan hati. Hal itu membuat kita menjadi lemah dan rendah diri. Tapi terkadang ada tanggapan yang baik yang membangkitkan semangat kita dalam memperbaiki diri dan menemukan potensi atau hal positif dari diri kita.

Semua tergantung bagaimana kita memaknai kata-kata tersebut? Tuhan memberikan kita telinga untuk mendengar, memberi hati untuk menangkap selanjutnya menyelidiki, dan pikiran untuk berpikir dan memutuskan langkah apa yang akan kita pilih.

Semua kata-kata yang keluar baik itu saran, kritik, dan cibiran memiliki banyak makna. Jadilah bijaksana dalam mendengarkan saran. Dengarkan saran-saran yang membangun dan biarkan kata-kata yang melemahkan diri kita berlalu.

Jadilah juga kita orang yang suka berkata-kata baik. Kata-kata yang membangun semangat bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Apa yang kita tanam? Itulah yang kita tuai.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar