my blog


Kamis, 26 Juli 2012

Bagimana membangun hubungan yang sehat?

Setiap kita pasti menginginkan hubungan yang long lasting, iya nggak??? Siapa sih yang ingin hubungannya cuma beberapa bulan atau bahkan beberapa hari?? Untuk menjalin sebuah hubungan itu bukan sesuatu hal yang mudah karena itu berarti kita akan menyatukan dua pribadi yang berbeda, kalau dalam hubungan pertemanan mungkin kita akan menyatukan lebih dari dua pribadi yang berbeda. Proses penyatuan tersebut juga tidak bisa berjalan singkat, semua memerlukan waktu. Dengan membangun hubungan yang sehat, hubungan kita pun akan berjalan harmonis dan long lasting....

So... Bagaimana cara membangun hubungan yang sehat??? 

1. Jangan buru-buru
Hubungan adalah proses penyatuan. Kita baru bisa benar-benar mengenal dan mempercayai seseorang ketika kita sudah berbagi pengalaman bersama. Mengenal seseorang pun juga bukan perkara yang mudah. Kita nggak bisa cuma lihat yang penampilannya aja, dalam mengenal dan menilai seseorang kita harus menilai secara keseluruhan. Jangan sampai buru-buru membangun sebuah hubungan atau mengizinkan seseorang buru-buru mengajak kita membangun sebuah hubungan. Ya, kalau pepatah orang jawa bilang alon-alon asal kelakon. Hubungan yang baik bakalan abadi...

2. Seimbang
Pastikan bahwa hubungan yang kita bangun adalah hubungan yang saling memberi dan menerima. Tidak ada yang lebih berkuasa, semua mempunyai porsi yang sama. Pastikan bahwa kita mempunyai harapan yang sama dalam hubungan tersebut, serta tentukan batas-batas.

3. Stop think too much
Jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mencemaskan hubungan kita. Kita menjalin hubungan dengan pacar dan teman itu hanya salah satu bagian dari hidup kita. Jangan sampai hal tersebut memonopoli waktu kita. Dalam hubungan kita harus saling menghargai, kita punya mimpi dan keinginan kita sendiri. So... tempatkan lah semua pada tempatnya. semua punya porsinya sendiri.

4. Selalu ada perubahan
Kita harus menyadari bahwa hubungan itu selalu berubah, begitu juga dengan diri kita. Kita harus bisa menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang ada tanpa meninggalkan hal-hal yang kita sukai dan kita yakini.

5. Ingatlah hubungan-hubungan masa lalu yang positif
Coba kita ingat apa yang membuat hubungan menjadi istimewa, lalu ingat  juga hubungan yang gagal. Belajarlah dari hal tersebut dapat menjadi pegangan atau pedoman kita untuk membuat hubungan yang ada sekarang menjadi lebih baik.

“Every couple has ups and downs, every couple argues, and that’s the thing—you’re a couple, and couples can’t function without trust.” 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar