my blog


Selasa, 24 Juli 2012

Hubungan, komunikasi, Keterbukaan


 

Dalam sebuah hubungan komunikasi menjadi salah satu komponen yang penting. Hal tersebut bukan hanya berlaku untuk orang yang pacaran aja, tapi juga berlaku untuk hubungan antar anggota keluarga, teman, dll. Komunikasi yang baik akan membuat hubungan jauh lebih harmonis dan kokoh. Selain komunikasi, keterbukaan juga merupakan hal sangat penting dalam sebuah hubungan.Terbuka berarti kita membuka diri kepada orang lain agar orang lain dapat mengenal tentang diri kita, dan itu juga menjadi kesempatan untuk orang lain menceritakan tentang dirinya.

Bagaimana orang lain bisa mengenal kita jika kita tidak membuka diri kita??? Ya, sebenarnya bisa aja dengan menunggu secara pasif dan berharap orang lain yang mencari tahu sendiri tentang diri kita. kalau mau dengan cara kayak gitu, siap-siap aja dech menunggu lama. Kenapa menunggu lama???  Ya, iya laa karena mereka bukan peramal, nggak semua orang bisa membaca dan mengerti apa yang kita mau atau apa yang kita rasa. Terkadang kita harus mengutarakan apa yang kita mau atau apa yang kita rasa agar orang lain mengerti.

Sebenarnya apa sih yang membuat kita sulit untuk bersikap terbuka??? ehmm.. apa karena kita takut mendapat penolakan dari orang lain? Memang ada beberapa  hal yang nggak bisa kita ungkapkan dan tidak harus kita ungkapkan. Dari diri kita juga harus bisa memilah apa yang perlu orang lain ketahui dan apa yang tidak perlu orang lain ketahui. kalau kita sudah bersikap terbuka tapi orang lain tidak menerima kita dan melakukan penolakan terhadap kita berarti mereka tidak tulus terhadap kita.

“When you stop expecting people to be perfect, you can like them for who they are.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar