my blog


Jumat, 30 November 2012

Marah


 

Marah adalah hal yang manusiawi. Terkadang marah itu sehat, kenapa bisa??? karena marah bisa memotivasi diri kita untuk mengubah diri. Tapi sayangnya, banyak orang yang tidak bisa mengendalikan kemarahan yang terjadi dengan cara yang benar. Sebaliknya, marah menjadi kekutan yang berbahaya dalam hidup.

Ada 3 dasar yang bisa kita lakukan waktu kita marah: Menahan amarah dalam hati, melampiaskannya ke orang lain atau ke suatu benda, atau melepaskan amarah dengan cara yang benar tanpa menyakiti siapapun dan merusak apapun.

Menahan amarah dalam hati berarti kita tidak menyakiti orang lain atau apapun, cara ini baik. Tapi menahan amarah dalam hati bisa jadi tidak sehat. Perasaan-perasaan amarah yang tersimpan begitu lama dalam hati nantinya akan menumpuk dan disaat hati tidak kuat untuk menampungnya perasaan amarah itu akan meletus layaknya gunung berapi yang mengeluarkan semburan api dan asap panasnya.

"Jikan aku menyembunyikan emosi, perutku terus menanggung bebannya"

Kalau kita melepas kemarahan yang terpendam dalam ledakan emosi yang mendadak, kemungkinan kita akan mengatakan atau melakukan sesuatu yang akan kita sesali di kemudian hari dan kita akan menemui kesulitan.

Melampiaskan amarah dengan orang lain bukanlah cara yang baik. Dengan melampiaskan amarah kepada orang lain akan membuat orang lain menjadi marah juga dan kemudian membalas amarah kita. Sekalipun orang lain tidak membalas orang lain yang menjadi pelampiaskan kita akan merasa sakit hati.
 
"Tidak ada pemandangan yang lebih jelek daripada amarah yang dilampiaskan  dengan tindakan agresif"

Pilihan terbaik adalah belajar mengendalikan kemarahan dengan cara yang tepat...

Positive Thinking

Do Positive thing

Sharing

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar