my blog


Sabtu, 31 Desember 2011

company visit-Radio JJ FM Surabaya


  Senin tanggal 20 Desember 2010, Saya dan teman-teman dari School of Public Relations Prisma Profesional Surabaya mengadakan kunjungan ke radio yang memiliki frekuensi 105.1 fm surabaya yaitu radio JJ Fm. Nama JJ sendiri diambil dari Jiwan Jaya Makmur dimana Jiwan Jaya Makmur memiliki perusahaan lagi selain radio yaitu JJ telekom, JJ Internet Service Provider dan Outdor Advertising. Radio yang ada dibawah naungan PT. Radio Wahana Informasi Gemilang ini diawali pada tahun 2001 dan di launching pada tanggal 29 Oktober 2002. Radio ini berdiri untuk menjadi solusi alternatif dalam menyikapi kebutuhan informasi para pelaku bisnis sesuai dengan take line radio ini yaitu “The Radio for The Business people”.
Visi & Misi Radio JJ FM
Visi   :Merupakan media informasi dan wadah untuk menunjang pebisnis lokal, khususnya Surabaya dan sekitarnya dalam mencapai tingkat profesionalisme yang lebih kompetitif.
Misi   : Terdepan dalam menyajikan informasi-informasi bisnis, terperinci dalam mengulas masalah bisnis dan komponen penunjangnya, terpercaya dalam menganalisa, terinovatif dalam program pelayanan masyarakat.
  Pada saat kunjungan kami didampingi oleh Bapak Hari Sulistyo selaku narasumber, Beliau merupakan divisi dari Program Manager di JJFM.Yang membedakan dengan radio lain adalah program,jika radio lain dinamakan Program Director sedangkan JJFm Program Manager dan Marketing yang meliputi teknisi,penyiar,reporter,produksi,dan music director. Juga dalam program talkshow sendiri menggunakan sistem berbayar dan report diberikan pada hari itu juga.
  Radio yang bertempat di jalan Embong Gayam 27-29 Surabaya ini,memiliki Program ON AIR yang terbagi menjadi :
1. Main Business Program (utama),meliputi :
  • Manajemen->lebih mengarah atau fokus pada UKM yang dimulai dari tahun 2009 yang membahas tentang INTUISI(informasi,tips usaha,ide dan solusi)
  • Bisnis Properti
  • SDM / HRD / Personalia
contoh programnya yaitu talk show, reportase dan insert
2. Supporting Business Program (penunjang), meliputi :
  • Kesehatan
  • Seluler->ini adalah program yang paling banyak didengarkan I
  • Sexploration-> ini adalah program yang paling banyak didengarkan II
3. Pleasure Business Program,meliputi :
  • Travelling
  • Pet
  • Review buku/film
  • Otomotif
  Sedangkan untuk Program OFF Air sendiri, radio JJFm sering mengadakan atau ikut event-event tertentu dan menjadi pihak sponsorship yang tentunya masih berkaitan erat dengan bisnis,karena menurut bapak Hari Sulistyo itu sudah salah satu kegiatan dalam mem-PR kan radio JJFm.
Dalam menarik media ke-3 radio ini menggunakan agency ataupun langsung ke perusahaan-perusahaan yang dituju.
Yang menjadi sponsor/iklan dalam radio ini:
-          Perbankan     : CIMB Niaga, BII, Bukopin, BPPN, BCA
-          Seluler       : Esia, XL, Indosat, Flexi
-          Penerbangan   : Garuda Airlines,Air Asia
  Radio yang memiliki pendengar usia di atas 20 tahun ini, dalam pengambilan informasi berita melalui media online,media cetak,reportase baik dalam dunia bisnis maupun lembaga pemerintahan.
  JJFm memiliki acara atau klub yang dinamakan Toashers Club yang mengundang kira-kira 100 pebisnis dan acaranya diadakan 2 kali seminggu di hall radio JJFm sendiri.
  Budaya internal dari radio ini yaitu sistem kerjanya ontime/tepat waktu dan personality perusahaan yang berwibawa dengan menggunakan smiling voice.
Cara JJFM menjaga loyalitas pendengarnya:
  • -          Memberikan report
  • -          Survei
  • -          Menjaga komunikasi dengar pendengar
  Setiap radio memiliki motto,dan motto dari JJFm adalah Where communication and Information Meet in the Air to Serve Your Everyday Purposes.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar